Kota Sukabumi Sosial

Lima Perkumpulan Tionghoa Sukabumi Dirikan Warung Amal Sembako Bagi Warga

Para Ketua Lima Perkumpulan Tionghoa Sukabumi Melakukan Gunting Pita

Kota Sukabumi- Halaman Sekretariat Lima Perkumpulan Warga Tionghoa Sukabumi Bersatu di Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, Jumat (30/7) sore kemarin makin ramai. Pasalnya, Pengurus Lima Perkumpulan Warga Tionghoa Sukabumi Bersatu masing-masing dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Perhimpunan Hakka Indonesia cabang Sukabumi, Yong Chun Sukabumi, Fuqing Sukabumi dan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sukabumi tersebut mendirikan Warung Amal bagi warga masyarakat yang terdampak PPKM Darurat di Kota Sukabumi.

Menurut ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Tan Wijaya usai peresmian mengatakan, Warung Amal ini berisikan sembilan bahan pokok atau sembako yang bersal dari para donatur yang peduli terhadap warga masyarakat yang terdampak pemberlakuan PPKM Darurat oleh Pemerintah. Oleh karena itu Lima Perkumpulan ini berinisiatif untuk membantu meringankan beban warga terdampak.

“Warung Amal berkonsep pada memberi dan menerima, memberi adalah orang yang masih diberikan rejeki oleh Allah, sedangkan penerima adalah orang-orang yang memang terampak, mudah-mudahan ini upaya ini bisa membantu warga masyarakat yang terdampak pandemi,” ujar Tan.

Tan menambahkan, Warung Amal ini baru dibuat dan disediakan di dua titik sehingga dirinya mengharapkan kedepan dapat mengembangkan aksi sosial lainnya dengan mendirikan Warung Amal di beberpa titik di Kota Sukabumi sampai pandemi berakhir.  

Ketua INTI Sukabumi Hendi Effendi

Sementara itu ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sukabumi, Hendi Effendi menambahkan, upaya dan kepedulian sosial yang dilakukan Lima Perkumpulan Warga Tionghoa di Sukabumi ini dapat diikuti oleh perkumpulan lain untuk ambil bagian agar bisa berbagi kepada warga masyarakat yang membutuhkan.

“Tidak ada intruksi khusus, karena ini murni insisiatif dari Lima Perkumpulan Warga Tionghoa Sukabumi dalam upaya membantu sesama yang membutuhkan, ya walaupun kecil ya tetapi kita memancing agar warga masyarakat ikut ambil bagian, sehingga kita menjadi warga masyarakat yang saling membagi, saling bergotong royong dan saling peduli,” kata effendi kepada Halosukabumi.com.

Baca Juga :  Bocah Pejuang Rupiah dari Telur Asin

Hendi menambahkan, bahwa pihaknya ikut mengantisipasi dampak ekonomi akibat wabah corona, terutama untuk warga masyarakat. Sementara itu kriteria warga yang akan menerima bantuan sembako di Warung Amal ini adalah setelah warga diteliti kebenaran data pribadinya oleh petugas Warung Amal, maka mereka dipersilahkan masuk bergiliran agar tak terjadi kerumuman. Tiap warga yang membutuhkan bahan sembako yang dibutuhkan mulai dari beras, terigu, minyak goreng, gula, dan telur. Pihak penyelenggara pun menerapkan  standar protokol kesehatan mencegah wabah corona. (dry)

Berita terkait